Selasa, 16 Agustus 2016

Cara Diet Sesuai Dengan Golongan Darah

Diet bukan hanya sekedar untuk menurunkan berat badan, namun berperan juga untuk menjaga kesehatan tubuh kita sekarang dan di masa depan, diet yang dilakukan dengan hanya menahan lapar tentu tidaklah baik untuk kesehatan, karena justru dapat memicu berbagai macam penyakit seperti maag. Diet yang baik yaitu dengan menjaga pola makan dan asupan nutrisi ke dalam tubuh kita agar sesuai dengan kebutuhan. Kondisi tubuh seseorang menjadi faktor yang sangat menentukan dalam melakukan program diet, begitu juga dengan jenis golongan setiap orang. Oleh karena itu pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara melakukan diet sesuai dengan jenis golongan darah kita.

Cara diet sesuai dengan golongan darah
Gambar ilustrasi

Sebelumnya kita akan klarifikasikan dulu beberapa jenis makanan kedalam kategori makanan baik, makanan netral, dan makanan yang harus di hindari. Makanan yang baik adalah beberapa jenis makanan yang akan bermanfaat bagi tubuh kita dan harus anda konsumsi, makanan yang netral adalah beberapa jenis makanan yang tidak akan memiliki pengaruh bagi tubuh kita dan tetap boleh kita komsumsi, dan makanan yang harus di hindari adalah beberapa jenis makanan yang dapat memberikan efek buruk / racun bagi tubuh kita.

Tips diet sehat sesuai golongan darah 

Diet golongan darah O



Bagi anda yang memiliki golongan darah O, makanan yang berkategori baik untuk anda adalah adalah jenis sayur-sayuran hijau, serta beberapa jenis makanan yang mengandung protein hewani, contohnya adalah seafood, sedangkan makanan yang bersifat netral adalah daging ayam, ikan tuna, sardine, tempe, tahu, dan susu dan susu kedelai. Beberapa jenis makanan yang sebaiknya anda hindari adalah terong, kentang, jamur, dan touge, atau beberapa jenis sayuran yang mengandung banyak lektin, hal ini untuk menghindari beberapa masalah tubuh seperti alergi, sakit lambung, dan nyeri sendi.

Diet golongan darah B
Golongan darah B memiliki antibody / daya tahan tubuh yang lebih kuat dari jenis golongan darah lain, oleh karena itu biasaya orang yang memiliki golongan darah B tidak akan mudah terserang penyakit. Makanan yang termasuk kategori baik untuk jenis golongan darah ini adalah aneka makanan laut, olahan susu, seperti yogurt, dan keju, brokoli, wortel, dan juga terong. Sedangkan makanan yang bersifat netral dan tetap boleh anda konsumsi adalah daging sapi, cumi-cumi, mentega, telur ayam, dan kacang merah. Makanan yang sebaiknya anda hindari adalah daging ayam, daging, bebek, kacang tanah, olahan gandum, alpukat, jagung, belimbing, pir, dan air soda, karena dapat beresiko penggumpalan darah dan penyakit jantung.


Diet golongan darah A
Orang yang memiliki golongan darah A sangat cocok menjadi seorang vegetarian, makanan yang termasuk berkategori baik untuk anda adalah macam-macam buah-buahan dan sayuran. namun beberapa jenis makanan seperti ikan tuna, daging ayam, telur, roti gandum, dan kurma, tetap boleh anda konsumsi karena sifatnya yang netral bagi tubuh, sedangkan makanan daging merah,  daging bebek, daging, kelinci, seafood, dan makanan yang tinggi karbohidrat, adalah jenis makanan yang sebaiknya harus anda hindari.

Diet golongan darah AB
Golongan darah AB merupakan perantara dari golongan darah A, dan B, golongan darah jenis ini sangatlah unik dan bisa menyesuaikan diri dengan beberapa jenis makanan, oleh karena itu orang yang memiliki golongan darah AB akan lebih mudah dalam melakukan diet dari pada jenis golongan darah lain. Mengkonsumsi berbagai jenis makanan dari daging, dan sayuran secara seimbang akan baik untuk kesehatan tubuh anda. untuk meningkatkan ketebalan tubuh anda, sebaiknya konsumsilah susu kambing, ikan tuna, krim asam rendah kalori, dan buah anggur merah, sedangkan beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak anda konsumsi adalah telur bebek, kepiting, buah pisang, dan air soda. Ada beberapa jenis penyakit yang perlu anda hindari yaitu sakit sendi, dan radang tulang, untuk menghindarinya lakukanlah olah raga joring ringan, pilates, dan yoga, secara rutin, dan teratur.
Itulah tadi tips Cara diet sesuai dengan golongan darah, sekian tips kesehatan kali ini semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar