Selasa, 16 Agustus 2016

Pertolongan Pertama Saat Keseleo

Keseleo apakah Anda pernah mengalaminya? Bagi yang suka beraktivitas ataupun berolahraga keseleo bukanlah yang asing lagi. Sering kali karena aktivitas yang berlebihan membuat kita keseleo.
keseleo
Ketika mengalami keseleo Anda gak usah panik, karena Anda bisa melakukan pertolongan pertama untuk terhindari dari cedera yang lebih parah.
Hal ini seperti dikutip dari vemale yang dilansir dari goodhousekeeping.com :
  1. Lindungi bagian yang cedera dengan menggunakan perban elastis. Hal ini bertujuan agar luka karena keseleo tidak menjadi semakin parah. Luka yang tidak sembuh-sembuh dapat memperparah keadaan Anda.
  2. Ketika mengalami keseleo jangan banyak beraktifitas, lebih baik gunakan istirahat total. Hal ini bertujuan agar proses penyembuhan berlangsung lebih cepat. Tidak perlu waktu lama jika Anda disiplin dalam proses penyembuhan cedera.
  3. Dibagian yang cedera kompreslah dengan menggunakan es.  Lakukan pengompresan selama 5 sampai 10 menit, hal ini untuk mengurangi bengkak pada cidera yang Anda alami. Jika bengkak berkurang maka akan mengurangi trauma luka keseleonya.
  4. Dibagian yang terluka kompres dengan air dingin dengan sedikit melakukan penekanan. Jika perlu pakailah deker, dan lakukan hal ini sampai cidera berangsur sembuh.
  5. Angkat lah bagian yang cidera agar aliran darah berada di atas jantung. Hal ini akan membantu melancarkan peredaran darah dan terhindar dari masalah yang lebih berbahaya.
Itulah beberapa cara atau tips pertolongan pertama pada bagian yang keseleo. Dengan mengobati keseleo seperti cara diatas mudah-mudahan cedera Anda segera sembuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar