Selasa, 16 Agustus 2016

Tips Mencegah Pilek Ketika Perubahan Cuaca

Pilek biasa terjadi ketika adanya perubahan cuaca yang tidak menentu. Biasanya disaat itu kekebalan tubuh kita lemah sehingga penyakit seperti pilek, flu dan demam mudah menghinggapi kita. Nah, agar kita tidak mudah terkena pilek kita ketahui terlebih dahulu mengetahui gejala dari pilek atau demam yang disebabkan oleh cuaca seperti dilansir dari Health Me up.
Demam
  • Pertama biasanya lendir mulai menumpuk di hidung dan terasa penuh oleh kotoran dari udara maupun oleh lendir.
  • Tenggorokan terasa sakit
  • Batuk
  • Bersih-bersin
  • Terjadi pembengkakan di bagian sinus
  • Sakit kepala
  • Merasa cepat lelah dan tidak bertenaga
Jika gelaja-gejala awal pilek diatas terjadi pada Anda, segera lakuan pencegahan sebagai berikut:
  1. Ketika bersih jangan menutup mulut dengan tangan, karena hal ini akan menyebarkan virus kemana-mana. Sering kali tangan kita gunakan untuk beraktivitas salah satunya adalah berjabat tangan. Untuk itu gunakan lekukan siku atau lengan baju Anda untuk menutup mulut yang bersih. Setelah itu bersihkan tangan dengan hand-sanitizer agar bisa menjaga kebersihan dan membunuh virus.
  2. Minumlah banyak air agar bisa melawan kuman dan bakteri yang mulai berkumpul dalam tubuh.
  3. Mengonsumsi vitamin A, C, B kompleks, dan E merupakan cara terbaik untuk mencegah pilek dan demam. Vitamin-vitamin tersebut bisa diperoleh dari sayur dan buah-buahan.
  4. Cuci tangan lebih sering dan hindari menyentuh wajah. Jika Anda memiliki kebiasaan menyentuh wajah, hilangkanlah mulai sekarang. Jika tidak ada air dan sabun gunakan hand sanitizer.
  5. Gejala pilek dan demam makin parah jika stres. Makanya hindari stres dan buat diri Anda merasa senang
  6. Mengurangi kebiasaan merokok dan minum alkohol ketika anda mengalami gejala pilek atau demam sebaiknya Anda lakukan.
Langkah pencegahan pilek dan demam saat perubahan cuaca dan pergantian musim diatas jika dilakukan maka pilek anda akan dapat teratasi. Tapi perlu diperhatikan adalah Anda harus tetap menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan yang bergizi agar sistem kekebalan tubuh lebih kuat dan mampu mencegah terhadap serangan penyakit.

sumber : http://polahidupsehat.web.id/tips-mencegah-pilek-ketika-perubahan-cuaca/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar