Sabtu, 12 November 2016

10 Jenis Pempek Palembang


Ada banyak jenis Pempek Palembang, mulai dari yang bentuknya bulet panjang, bulet pipih, bulet seperti bola pimpong, yang pake isi telor, isi tumisan pepaya muda dan lain sebagainya. pada tulisan kali ini kita akan mengenalkan 10 jenis pempek palembang yang lazim dibuat dan dijual pada toko pempek yang ada di palembang.
Sebenarnya jenis pempek palembang kalau mau di tuliskan semua bisa lebih dari 10 jenis, hal ini kita pilih agar keren aja judul artikelnya… hehehe. Nah untuk mengetahui 10 jenis pempek palembang, yuk disimak tulisan berikut ini :

Berikut Daftar 10 Jenis Pempek Palembang

1. Pempek kapal selam

Merupakan jenis Pempek Palembang yang berukuran besar dari 10 jenis pempek palembang yang akan kita bahas kali ini, Pempek ini isinya 1 buah telor ayam atau telor bebek. pempek ini cukup terkenal karena ukurannya yang besar dan namanya yang unik hehehe pempek kapal selam.
10 jenis pempek palembang

2. Pempek telor kecil

Sama seperti pempek kapal selam, pempek telor kecil merupakan pempek isi telor tetapi berukuran lebih kecil, bahkan dibeberapa daerah pempek ini sering juga disebut pempek kapal selam kecil. walaupun sebenarnya kalau di Palembang jarang disebut pempek kapal selam kecil, hehehe…
10 jenis pempek palembang1

3. Pempek lenjer besar

Nah kalau yang ini merupakan pempek yang berbentuk bulat lonjong besar, cara makannya biasanya pempek lenjer dipotong-potong lalu di goreng. jenis pempek lenjer ini adalah jenis pempek yang paling mudah untuk dibuat, karena setelah adonan dasar pempek jadi, dibentuk bulet lonjong terus direbus tanpa ada isi yang diberikan.
10 jenis pempek palembang2

4. Pempek lenjer kecil

Sama seperti pempek lenjer besar, pempek lenjer kecil adalah jenis pempek yang berbentuk bulet lonjong, tapi kali ini ukurannya lebih kecil, hanya untuk 3 kali gigit hehehe
10 jenis pempek palembang3

5. Pempek keriting

Pempek kerting merupakan salah satu varian pempek yang berbentuk seperti kerupuk. mengapa dinamakan pempek keriting mungkin karena bentuknya seperti rambut keriting kali ya….
10 jenis pempek palembang5

6. Pempek ada’an

Nah kalau ini adalah pempek yang paling saya suka dari 10 jenis pempek palembang yang kita bahas ini, Pempek ada’an bentuknya bulat seperti bola pingpong, rasa bawang dan ikannya yang khas membuat saya selalu ketagihan untuk makan pempek adaan ini. untuk cara pembuatan pempek adaan dilakukan degan cara langsung digoreng, mungkin ini juga yang membuat rasanya khas dan enak ya.
10 jenis pempek palembang4

7. Pempek kulit

Pempek kulit merupakan pempek yang dibuat dari campuran kulit ikan yang digiling halus, rasa dan warna pempek ini khas sekali, maka tidak sedikit orang yang suka dengan pempek kulit ini.
10 jenis pempek palembang9

8. Pempek pistel

Pempek pistel adalah pempek isi tumisan kates/pepaya muda, jenis pempek ini juga banyak penggemarnya, akan tetapi sayangnya pempek ini tidak memiliki ketahanan yang lama, sehingga pempek ini jarang dibuat untuk dijual. ini temen-temen bisa lihat tidak semua toko pempek menjual pempek jenis ini.
10 jenis pempek palembang8

9. Pempek tahu

Pempek tahu adalah jenis pempek yang memiliki isi tahu, biasanya tahu yang akan dijadikan pempek digoreng setengah masak terlebih dahulu, kemudian tahu dibungkus dengan adonan pempek lalu digoreng kembali.
10 jenis pempek palembang7

10. Pempek panggang

Sesuai dengan namanya pempek ini adalah jenis pempek yang cara pembuatannya dipanggang di atas bara api. cara memakan pempek ini biasanya di belah  dua kemudian di isi dengan ebi, kecap manis dan cabai. selain itu ada juga yang biasa makan pempek ini dicampur dengan cuko seperti makan pempek biasanya. hal ini tergantung dari selera sie…
10 jenis pempek palembang6
Demikianlah sedikit informasi tentang 10 jenis pempek palembang, sampai jumpa dengan artikel berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar