Sabtu, 12 November 2016

15 Fakta Unik Cara Makan yang Hanya Dimiliki Oleh Orang Indonesia

sumber: http://papasemar.com/15-fakta-unik-cara-makan-yang-hanya-dimiliki-oleh-orang-indonesia/




15 Fakta Unik Cara Makan yang Hanya Dimiliki Oleh Orang Indonesia
Guys, setiap Negara pasti punya ciri khas masing-masing akan kebudayaannya, bahkan ada beragam kebiasaan unik yang dilakukan oleh masyarakatnya. Kebiasaan adalah sebagian dari kebudayaan, well, ngomong-ngomong soal kebiasaan nih, orang Indonesia juga punya kebiasaan cara makan yang unik nih. Iya unik, soalnya aneh aja kalau orang bule ngeliatin kebiasaan orang Indonesia makan.
Mulai dari cara makan, kebiasaannya, makanannya, semuanya aneh dan unik bagi orang bule. Penasaran kan? Nah, ini dia 15 fakta unik selera makan orang Indonesia:
Makan Pake Tangan

Makannya akan lebih terasa nikmat kalau pake tangan via widitur.blogspot.com
Semua orang juga tahu yang namanya makan ya pake tangan bukan pake kaki. Tapi yang dimaksud disini tuh makannya langsung pake tangan nggak pake garpu atau sendok. Kenapa menggunakan tangan? Bukan karena perkara nggak sopan, melainkan karena makannya akan lebih terasa nikmat kalau pake tangan. Indonesia adalah negeri yang memegang ‘tepa selira dan unggah ungguh’ atau sopan santun. Kebanyakan orang Indonesia makan dan melakukan sesuatu dengan tangan kanan. Iya kan? Hal ini karena kita sejak kecil diajari tentang ‘tangan baik’ atau ‘tangan bagus’ oleh orang tua kita, yaitu tangan kanan.
Makan pake tangan biasanya dilakukan kalau makan ayam atau model lalapan. Apalagi kalau setelah makan kamu bisa bebas menjilat-jilat bumbu makanannya. Sangat tidak disarankan untuk makan pake tangan saat kamu menyantap hidangan berkuah seperti Soto Ayam ataupun mie macam Bakmie Ayam.
Pokoké Nasi

Nasi merupakan makanan pokok sehari-hari di setiap hidangan Nusantara via indonesiana.tempo.co
Orang Indonesia tuh kalau nggak makan nasi namanya ya nggak makan. Makan lauk pauk sebanyak apapun, kalau belum pake nasi, anggapannya adalah belum makan. Padahal udah kekenyangan tapi tetep aja dibilang belum makan karena nggak pake nasi.
Kalau di luar negeri makan karbohidrat nggak lebih dari 40 %, kebalikan banget sama disini. Negara kita ini memang menjadi salah satu penghasil beras terbesar dari sejak jaman nenek buyut, kita sudah sering mengonsumsi nasi putih. Mau itu porsi kuli, porsi Rumah Makan Padang maupun porsi nasi kucing, nasi putih selalu jadi pilihan.
Nah, karena nasi merupakan makanan pokok sehari-hari di setiap hidangan Nusantara, maka sudah menjadi kebiasaan dimana pada saat makan, nasi adalah menu pertama yang disendokan ke atas piring, bukan lauk.
Makan Mie Pake Nasi
mi-campur-nasi
Mie instan dan nasi sama-sama mengandung karbohidrat via kepo.my.id
Kembali ke topik nasi nih, kebiasaan makan mie di Indonesia ini cukup unik, ya! Yakni dengan (masih) menambahkan nasi di dalamnya. Kebiasaan yang seperti ini sering dilakukan pegawai yang sibuk, anak kos, masa-masa akhri bulan atau ibu rumah tangga yang nggak sempet nyiapin sarapan.
Padahal pola makan ini sangat nggak sehat guys. Karena mie instan dan nasi sama-sama mengandung karbohidrat. Jadi tingginya kalori dan karbohidrat berlebih bisa menaikan indeks glikemik sehingga gula dalam darah naik secara berlebih. Karena keduanya sama-sama karbohidrat, kebiasaan makan seperti ini bisa meningkatkan lonjakan gula darah dalam tubuh yang memicu penyakit diabetes. Ngeri sob!
Lebih Nikmat Makan Sambel Sama Lalapan

Bicara soal sambel juga nggak akan lepas dari lalapan via su.wikipedia.org
Yang namanya sambel dan lalapan itu udah topping wajib untuk para pecinta kuliner Indonesia. Dengan menambahkan sambel saat makan, selera makan pun jadi meningkat drastis . Nggak heran makanya sampe ada kurang lebih 300 jenis sambel yang ada di Indonesia dari berbagai macam daerah. Apa-apa yang kurang enak, dicocol pake sambel jadi enak.
Sambel kesukaan orang Indonesia ini tentunya bukan sambel olahan pabrik botolan. Melainkan sambel tradisional yang dibuat dengan tangan dan rempah yang melimpah ruah. Bicara soal sambel juga nggak akan lepas dari lalapan. Lalapan umumnya berisi sayur kol, timun, dan tomat. Biasanya dihidangkan dengan penyetan sejenis tempe penyet, lele penyet, ayam penyet, dan bebek penyet. Maknyus!
Cinta Kerupuk

Sensasi bunyi kriuk-kriuk dari kerupuk memang sangat digemari oleh orang Indonesia via tokojajanfatimah.wordpress.com
Sensasi bunyi kriuk-kriuk dari kerupuk memang sangat digemari oleh orang Indonesia. Gurih dan renyahnya itu yang nggak bisa di gambarkan. Kehadiran kerupuk sering kita jumpai hampir di setiap tempat makan di Indonesia. Mulai dari warung soto, warung lalapan, warung mie ayam, sampai warung pecel semuanya ada kerupuknya.
Jenis kerupuk di Indonesia juga banyak, mulai dari kerupuk bawang, kerupuk ikan tenggiri, rempeyk udang, dan masih banyak lagi. lucunya, kebiasaan unik pecinta kerupuk di Indonesia ini macem-macem guys, ada yang digadoin, ada yang dicelupin ke kuah sampe lembek, bahkan makan nasi dengan makanan pelengkap sambel + kerupuk sudah membawa kenikmatan yang sangat tinggi.
Doyan Jeroan
jeroan
Jeroan memang sangat enak sehingga banyak orang Indonesia yang gemar mengonsumsi makanan yang satu ini via daging-sapiku.blogspot.com
Hampir 80 % orang Indonesia itu doyan sama jeroan. Mulai dari jeroan sapi, jeroan ayam, jeroan ikan seperti paru-paru, jantung, otak, usus, macem-macem deh. Kalau bule biasanya nggak doyan makan jeroan begitu, nggak cocok juga kali di lidah mereka. Selain nggak cocok, kolestrolnya juga ampun-ampunan.
Jeroan memang sangat enak sehingga banyak orang Indonesia yang gemar mengonsumsi makanan yang satu ini. Tapi guys, mengonsumsi jeroan atau perut seperti usus, hati dan lainnya ternyata bisa mempengaruhi kesehatan kita lho. Kandungan purin yang tinggi didalam jeroan bisa menyebabkan penyakit asam urat. Walapun makanan ini mengandung manfaat yang baik bagi kesehatan namun jika dikonsumsi secara berlebihan itu nggak baik bagi kesehatan tubuh.
Tahu dan Tempe yang Tak Terpisahkan

Mayoritas orang Indonesia juga selalu makan tahu dan tempe dalam satu piring via kopisiantar.com
Duo lauk protein nabati ini paling sering muncul di meja makan. Selain karena nutrisi dan harganya yang pas di kantong mayoritas orang Indonesia juga selalu makan tahu dan tempe dalam satu piring. Iya kan? Selama ini, makanan berbahan dasar kacang kedelai tempe dan tahu sering dianggap sebagai makanan kampung dan kurang bergengsi. Namun siapa sangka, makanan yang dianggap kurang istimewa di Indonesia ini justru menjadi makanan yang populer dan mahal di Eropa.
Hal yang perlu kamu banggakan, kamu bisa makan tahu dan tempe dengan sangat merdeka di Indonesia. Kenapa? Karena di Belanda, untuk menikmati satu potong tahu saja, harganya cukup mahal, mencapai 10 Euro atau setara dengan 151 ribu rupiah. Wow!
Makan Gorengan
Gorengan
Gorengan, makanan pelengkap orang Indonesia yang nggak kalah populernya via www.detiksehat.com
Makanan pelengkap orang Indonesia yang nggak kalah populernya juga ada nih, ya! Gorengan. Entah kenapa, orang Indonesia sangat suka makan gorengan. Intinya apapun makanannya, mau itu tempe, tahu, singkong, ubi, pisang, sukun, nangka asalkan bisa digoreng. Biasanya nih, orang Indonesia selalu melengkapi sajian ini dengan sambel kecap atau sambel petis.
Orang Indonesia juga gemar membuat gorengan. Kebiasaan membuat makanan serba digoreng ini menurut dr Phaidon karena makanan yang digoreng lebih cepat dibuat, rasanya enak, serta praktis karena cukup tepung diberi air dan garam sedikit lalu digoreng.
Padahal mengonsumsi gorengan berlebih yang mengandung banyak lemak dan kolestrol sering menjadi pemicu berbagai penyakit seperti jantung dan stroke. Makanan ini juga sama halnya dengan junk food yang nggak sehat.
Makan Cabai Rawit Mentah-mentah
makan cabai
Makan cabai rawit secara mentah-mentah merupakan hal yang sangat biasa bagi orang Indonesia via adiraclubmember.com
Makan cabai rawit secara mentah-mentah merupakan hal yang sangat biasa bagi orang Indonesia, apalagi jika di duetkan dengan gorengan pasti akan lebih nikmat rasanya. Kalau di luar negeri cabe rawit harus diolah dulu guys sebelum di konsumsi.
Cabai juga baik buat kesehatan kamu lho. Gimana enggak? Cabai merupakan sumber vitamin A,B,C dan E, serta ditambah mineral seperti molybdenum, mangan, folat, kalium, thiamin, dan tembaga. Cabai juga menghasilkan vitamin C tujuh kali lebih banyak daripada jeruk dan pro vitamin A yang lebih banyak daripada wortel yang sangat diperlukan bagi tubuh. Keren!
Yang Enak, Dimakan Terakhir
yg enak dimakan terakhir
Salah satu kebiasaan makan unik di Indonesia, makanan paling enak dihabiskan paling akhir via cariyuk.com
Inilah salah satu kebiasaan makan unik di Indonesia, makanan paling enak dihabiskan paling akhir. Biasanya di piring udah ada pembagian sendiri-sendiri. Yang paling enak dan yang lumayan. Yang paling enak di sampingin, buat terkahir. Yang dimakan duluan yang lumayan terus yang terakhir yang paling enak. Seringnya sih, lauk pauk kayak kuning telur, daging, ikan, kulit ayam dan sejenisnya.
Bahkan ada juga nih yang punya ritual menghabiskan lauk sampai tulangnya bersih dari daging. Bebeapa orang di Jawa menyebutnya ‘krokot-krokot tulang’. Ini berlaku jika kamu makan ceker ayam, tengkleng dan sejenisnya. Mungkin ada sensasi dan kenikmatan tersendiri bagi orang Indonesia saat melakukan sesi makan krokotan ini.
Bawang Goreng, Acar, Pete, Serundeng

Bawang goreng punya sensasi gurih dan sedap banget via commons.wikimedia.org
Makanan pelengkap yang satu ini nih yang biasanya dihidangkan dengan nasi. Bawang goreng punya sensasi gurih dan sedap banget. Kalau pete rasanya segar tapi berefek membuat mulut kamu bau lho. hehehe. Sedangkan acar sangat pas bila disandingkan dengan hidangan mie atau nasi goreng. Naha, kalau serundeng lebih pas lagi sebagai pelengkap nasi dan ikan bandeng goreng, gurame goreng, ayam goreng ataupun bebek goreng.
Makan Sambil Angkat Kaki

Angkat kaki saat makan sudah menjadi ciri khas orang Indonesia via loechieana.wordpress.com
Angkat kaki saat makan sudah menjadi ciri khas orang Indonesia, meski nggak semuanya seperti itu tapi hampir sebagian mayoritas masyarakatnya lebih memilih mengangkat kakinya satu saat sedang bersantap.
Entah ada apa dengan yang namanya mengangkat satu kaki ke atas kursi saat lagi makan, kayaknya udah the best position lah! Apalagi saat kamu makannya di Warteg lesehan, satu-satunya tempat dimana kamu bisa makan makanan rumahan yang enak dengan lahap, harga murah, dan bebas, tanpa peduli table manner! Ah, santai aja guys, table manner yang cukup santai di Indonesia ini membuat kamu bissa bebas menikmati makanan dengan lahap tanpa perlu takut akan adanya batasan.
Sebelum Makan, Di Foto Dulu

Jepret sana-sini dulu sebelum dimakan via tom-kuu.blogspot.com
Ini biasanya yang begini anak-anak muda di Indonesia. Jadi sebelum makan kalau jaman dulu itu berdoa, sekarang malah kudu upload instagram dulu. Kalau kayak gini salahin Instagram aja! Semenjak maraknya food blogger danfood grammer, makan jadi kurang hits kalau nggak difoto dulu.
Ketika makanan datang di meja, jepret sana-sini dulu, dari samping, dari atas, dari bawah, sambil koprol, kayang, naik-naik kursi segala macem agar dapet angle yang pas, biar hasil foto yang dimasukin ke instagram hasilnya bagus dan banyak dapet likes dari para followers. Makanan yang dipilih pun tentunya yang tampilannya oke punya, bukan kayak nasi pecel yang asal campur-campur gitu yah guys.
Belum Lima Menit!
belum lima menit
Eh, belum lima menit via www.dream.co.id
Enggak ngerti deh ini siapa yang ngajarin, dari bocah kita udah dikasih tau temen buat ngambil makanan yang jatuh sebelum 5 detik dengan istilah “Eh belum lima menit ah, makan aja deh!”
Padalah menurut artikel dari time.com pas jatuh, bakteri di lantai langsung nempel lho. mending bakteri-bakteri baik, ini bakteri yang bikin kamu sakit perut hingga sakit TBC juga Typhus. Sama aja boong kan guys?
Banyak orang percaya bahwa kuman membutuhkaan waktu untuk bisa mengontaminasi makanan yang jatuh. Bagi orang Indonesia, setelah 5 menit mikroba diyakini baru dapat menyebar sempurna. Tapi kalau di Amerika, hal ini dikenal dengan istilah five-second rule. Makanya, jika makanan yang jatuh langsung diambil, makanan tersebut dianggap âbelum kotorâ.
Makan Ngajakin Temen
makan ngajakin temen
Menikmati serunya makan ramai-ramai walaupun suasana bukan di resto bintang lima via reinhardjambi.wordpress.com
Guys pernah nggak ngalamin saat kamu udah laper, tapi kamu masih tunggu-tungguan sama temen yang lain buat makan. Pokoknya nggak enak kalau makan sendirian, harus ada temennya. Memang orang Indonesia tuh sangat menjunjung tinggi sosialisasi. Walau makannya hanya nasi, garem dan kerupuk doang juga rasanya pasti jauh lebih enak kalau dimakan ramai-ramai ketimbang makan ayam goreng sendirian.
Menikmati serunya makan ramai-ramai walaupun suasana bukan di resto bintang lima, hanya makan nasi beralaskan daun pisang di teras rumah bersama keluarga dan teman terasa lebih hangat dan berkali-kali lebih enak. Indonesia banget.
Nah, itulah beberapa fakta unik cara makan yang Indonesia banget. Eh, kalau di sekitar mu ada kebiasaan makan yang unik juga nggak? Share yuk! 😉

Tidak ada komentar:

Posting Komentar