Sabtu, 12 November 2016

3 Kuliner yang Wajib Kamu Coba Ketika di Belitung

sumber: http://www.objekwisata.com/3-kuliner-yang-wajib-kamu-coba-ketika-di-belitung/



IMG_4836
Belitung telah menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler dalam negeri selama beberapa tahun terakhir. Pastikan kamu tidak melewatkan 3 makanan ini ketika berkunjung ke Belitung.

1. Mie Belitung
Yak, ini adalah makanan yang akan sering kamu temukan ketika berkeliling Belitung. Namun, saya merekomendasikan 2 tempat yang saya sendiri telah kunjungi dan memang rasanya mantap.
Mie Atep
Mie Atep ini sudah sangat terkenal hingga ke daerah-daerah lain. Sebab, di dinding dari kedai mie tersebut terpajang foto-foto politisi hingga selebritis yang pernah berkunjung. Rasanya sungguh enak (saya yang biasanya kurang menyukai mie, langsung jatuh cinta dengan kuah kental dan rasa udang yang dominan). Hanya saja porsi nya sangat kecil, jadi bagi yang biasa makan banyak, jangan segan-segan pesan 2 porsi.
IMG_4839 IMG_4836

Yamien Achoi
Kalau Yamien Achoi ini porsinya besar. Ini adalah mi manis dengan kuah bakso. Lebih mirip mie konvensional, tetapi tetap wajib dicoba ketika di Belitung, karna bakso nya enak dan mie nya buatan sendiri.
IMG_4726 IMG_5393

2. Seafood
Cobalah makanan laut lokal Belitung. Disana banyak dijual jenis-jenis ikan yang akan jarang ditemukan di tempat lain. Orang lokal pun sangat piawai mengolahnya, Kalian harus coba Gangan Ikan Ketarap (nama ikan yang tidak pernah saya dengar sebelumnya, tetapi memang enak dan dimasak menjadi gangan yaitu sup ikan ala Belitung). Itulah sebabnya jangan pernah beranggapan makan seafood dimana saja sama. Di Belitung, sudah pasti berbeda. Dan saya dapat kesempatan berkunjung ke pasar basah di sana, harga seafood nya jaaauh lebih murah dibanding di Jakarta, sampai-sampai ada anggota dari rombongan kami yang sengaja membeli bahan makanan laut mentah dari Belitung untuk dibawa kembali ke Jakarta.
seafood belitung
Penggemar timun laut atau haisom juga boleh membeli dari pedagang lokal disana, karena timun laut dari Belitung sudah dikenal kualitas nya dan harganya sangat miring. :) Bingung bagaimana memasak timun laut? Tanyakan pada si penjual, mereka akan dengan senang hati mengajarkan.
Bagi pecinta telur penyu seperti saya, harga telur penyu di Belitung juga murah. Rp. 10.000 untuk 6 butir.
IMG_4843

3. Kopi Belitung
Kedai-kedai kopi di Belitung masih mengolah sajian kopi dengan peralatan-peralatan kuno (masih memakai ceret, saringan, dll). Bagi kamu pecinta kopi, cobalah untuk nongkrong di kedai-kedai berbeda setiap harinya untuk mencoba dan menikmati perbedaan-perbedaan cara mengolah kopi di setiap kedai. Kopi Belitung sangat kuat, jadi jangan mampir ketika malam hari, atau nanti kamu tidak akan bisa tidur! Haha… (PS : kedai kopi Kong Djie di Belitung buka 24 jam lho)

Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar