Senin, 14 November 2016

Minuman Hangat Khas Jawa Tengah Tervaforit

sumber: http://majalahkuliner.info/minuman-hangat-khas-jawa-tengah-tervaforit/


Saat cuaca dingin seperti ini, pastinya yang cocok untuk menghangatkan badan adalah minuman hangat, nah pada kesempatan kali ini kami akan bagikan beberapa minuman khas dari jawa tengah yang populer dan paling digemari, yuk simak ulasannya di bawah ini.
1. Wedang Ronde
www.majalahkuliner.info
www.majalahkuliner.info
Kalau yang satu ini adalah minuman hangat khas Solo dan Salatiga. Air rebusan jahe, gula, pandan dan serai dihidangkan di dalam gelas. Lalu dihidangkan bersama beberapa butir bola dari ubi atau tepung ketan, kacang yang disangrai di dalam gelas. Selain hangat yang didapatkan dari wedangnya, perut juga jadi sedikit terganjal dengan isi wedang ronde ini.
2. Sekoteng
www.majalahkuliner.info
www.majalahkuliner.info
Agak mirip dengan wedang ronde adalah sekoteng. Bahan-bahan pembuat kuahnya pun hampir mirip. Yang membuat berbeda adalah isinya. Minuman asli dari Jawa Tengah ini dihidangkan dengan menambahkan kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, potongan kolang-kaling dan potongan roti. Tambahkan sedikit susu kental manis untuk memberikan rasa manis. Penjual sekoteng biasanya berkeliling di daerah pemukiman penduduk sambil memikul gerobak dan mengetuk gelas dengan sendok untuk mengumumkan kehadirannya.
3. Wedang Uwuh
www.majalahkuliner.info
www.majalahkuliner.info
Minuman hangat yang satu ini merupakan khas kota Yogyakarta. Kata “uwuh” sendiri berarti sampah dedaunan. Ini disebabkan oleh karena berbagai dedaunan dimasukkan ke dalam gelas hidangan Wedang Uwuh, yang membuatnya tampak berserakan seperti sampah. Meski begitu, dedaunan yang ada di
dalam Wedang Uwuh mempunyai khasiat bagus bagi tubuh. Wedang Uwuh terbuat dari air jahe, kayu secang, cengkeh (termasuk bunga, batang dan daunnya), kayu manis dan daunnya, pala dan daun pala, akar dan daun serai, serta gula batu atau gula merah untuk memberi rasa manis.
4. Wedang Secang
www.majalahkuliner.info
www.majalahkuliner.info
Tumbuhan secang atau sepang adalah tumbuhan yang mudah ditemukan di Indonesia. Kulit kayu secang memiliki fungsi untuk pengobatan, pewarna dan sebagai minuman segar. Kulit pohon secang dapat dijemur kemudian ditambahkan ke dalam air mendidih lalu dihidangkan panas-panas. Secang mengandung anti-bakteri dan dapat meredakan batuk, gangguan pencernaan dan sebagai obat luka.
Nah, itulah tadi beberapa minuman hangat khas jawa tengah yang paling pas untuk di minum saat cuaca dingin, di samping dapat menghangatkan badan, minuman tersebut terbuat dari bahan-bahan alami loh, pastinya menyehatkan, oke, sampai di sini dulu. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar