Sabtu, 12 November 2016

5 Makanan Indonesia Ini Menyimpan Cerita Seru Yang Harus Kamu tahu

sumber: http://home.nibble.online/blog/foodie-tips/55-5-makanan-indonesia-ini-menyimpan-cerita-seru-yang-harus-kamu-tahu.html




Dari begitu banyaknya jenis makanan asli Indonesia yang ada, apa sih yang jadi makanan terfavoritmu? Rendang, sate, soto, nasi goreng, atau bakso? Hmm, mungkin jawabannya bisa lebih dari satu ya, secara makanan Indonesia memang terkenal enaknya, bahkan ada beberapa jenis makanan Indonesia yang diakui CNN Travel sebagai makanan terenak di dunia lho! Tapi kamu pernah nggak bertanya-tanya tentang asal usul makanan Indonesia favoritmu itu? Ternyata ada berbagai cerita menarik di balik 5 makanan terkenal asli Indonesia ini. Yuk simak asal-usulnya berikut ini!
1. Rendang
Rendang merupakan makanan yang dinobatkan sebagai makanan terlezat nomor satu di dunia. Masakan lezat ini berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat, dan sudah menjadi makanan tradisi orang Minang sejak upacara adat pertama mereka diselenggarakan. Walaupun sudah banyak dikenal banyak orang di berbagai negara, tidak banyak lho yang tahu kalau rendang itu sebenarnya bukan nama hasil masakannya, tapi merupakan nama teknik memasak yang mengharuskan kita masak dengan cara mengaduk-aduk terus dalam jangka waktu yang lama (minimal 8 jam) sampai masakan tersebut mengering dan berwarna coklat kehitaman. Kalau selama ini kita cuma tahu rendang daging, ternyata masih ada banyak jenis rendang lainnya lho, seperti rendang ayam, telur, bebek, atau ikan tongkol. Dan rasa rendang tidak selalu pedas, tergantung selera orang yang membuatnya. Istimewanya lagi, rendang bisa tahan sampai 2 bulan tanpa harus dipanaskan kembali dan hal ini tidak akan mengubah bentuk, rasa, dan aroma rendang tersebut. Cocok banget nih buat kamu yang hobi traveling ke mana-mana.
2. Sate
Sate menempati posisi ke 14 dalam daftar makanan terenak di dunia. Makanan enak ini sudah cukup lama dikenal di Indonesia, sejak abad ke 19 dan namanya berasal dari bahasa Tamil. Awalnya, sate diciptakan oleh penjual makanan di Pulau Jawa, namun akhirnya menyebar sampai ke seluruh nusantara yang membuat makin beragamnya jenis sate di Indonesia. Mulai dari sate ayam, sate buntet dari Solo, sate kerang dari Surabaya, sampai sate lilit dari Bali. Dan tahu tidak, bukan cuma daging sapi dan ayam lho yang digunakan untuk membuat sate. Ada sate padang yang terbuat dari lidah sapi, sate kelinci, bahkan sate kuda. Berani mencobanya? Kelezatan sate juga sudah go international lho sejak pedagang-pedagang pada zaman penjajahan membawa makanan ini sampai ke Afrika Selatan dan Belanda.
3. Soto
Hampir semua daerah di Indonesia punya racikan soto khas yang berbeda dengan daerah lainnya. Walaupun sangat populer di Indonesia, asal muasal soto ternyata berasal dari makanan Cina yang disebut Caudo. Pertama kali, Caudo hanya dikenal di Kota Semarang. Seiring waktu berlalu, kata caudo ini kemudian berubah menjadi soto, tapi masyarakat Indonesia di Makassar menyebutnya Coto, di Pekalongan disebut Tauto, dan ada beberapa tempat yang menyebutnya Sauto. Meski penyebutannya berbeda-beda, basic penyajian masakan ini hampir sama kok di semua tempat, yaitu berupa seperti sop yang berisi kaldu daging, daging, dan sayuran.
4. Nasi Goreng
Indonesia patut bangga nih, karena nasi goreng juga masuk dalam daftar 50 makanan terenak di dunia dan menempati posisi ke 2 setelah rendang. Kombinasi sempurna dari nasi, telur, ayam atau daging, ditambah dengan bumbu-bumbuan khas Indonesia ini ternyata mampu menyedot perhatian dunia. Asal nasi goreng sebenarnya dari China, tepatnya di daerah Yangzhou. Kalau kamu ke sana, nasi goreng Yang Chow pasti menjadi dish terfavorit di sana. Awal mulanya, nasi goreng ini dibuat karena orang-orang di China tidak suka makan nasi sisa, tapi mereka juga tidak mau membuang nasi sisa tersebut. Nah, supaya nasi terasa lebih enak, mereka akhirnya menggoreng nasi sisa tersebut dengan lauk pauk sisa lainnya, dan tidak lupa diberi bawang-bawangan. Kebiasaan ini rupanya sudah ada sejak 4000SM lho. Wah, tua juga ya umur nasi goreng?
5. Bakso
Ini dia makanan favorit selama musim hujan datang, bakso! Sama seperti nasi goreng dan soto, bakso Indonesia juga terinspirasi dari makanan China yang bernama Bak-So. Bak-So pertama kali dibuat pada awal abad ke 17 di Fuzhou. Menurut legenda, Bak-So ini merupakan bentuk kasih sayang anak kepada ibunya yang sudah tua dan tidak bisa lagi memakan daging yang keras. Akhirnya si anak putar otak, lalu mengolah daging sama seperti mengolah kue mochi sampai daging tersebut lembut dan empuk. Olahan daging itu kemudian dibentuk bulat-bulat dan direbus sebelum disajikan ke ibunya. Sejak saat itu, si ibu bisa memakan daging kesukaannya dalam bentuk Bak-So. Kalau di China, Bak-So itu terbuat dari daging babi giling atau seafood, berwarna kecokelatan, dan bentuknya tidak terlalu bulat, lain halnya dengan di Indonesia. Di sini, bahan pembuat bakso didominasi oleh daging sapi dan ayam, warnanya abu-abu, dan bentuknya bulat sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar