Bisnis kuliner
adalah salah satu jenis usaha sampingan yang menjanjikan keuntungan
besar dalam jangka panjang. Saat ini, perkembangan gaya hidup masyarakat
modern telah merubah pula pola hidup mereka, seperti contohnya suka
makan di luar rumah bersama keluarga di akhir pekan (sabtu minggu) atau
hanya sekedar nongkrong bersama teman di sebuah café atau lesehan di
pinggiran jalan sangat mudah kita jumpai di kota besar.
Kebiasaan
makan di luar rumah inilah yang sebenarnya bisa dibidik sebagai sebuah
peluang usaha baru, khususnya jualan aneka jenis makanan cepat saji dan
populer di kalangan anak muda atau keluarga. Bisnis kuliner memang tak
ada matinya. Setiap hari ada saja kreasi baru di dunia kuliner yang
membuat masyarakat tergiur untuk mencicipinya. Banyak pula kalangan
masyarakat yang gemar berwisata kuliner untuk mencicipi ragam kuliner
unik khas Indonesia. Bisnis kuliner boleh dikatakan sebagai bisnis yang gampang-gampang susah.
Modal yang
relatif kecil dan diiringi dengan inovasi yang kreatif bukan mustahil
menjadi langkah awal kesuksesan bisnis kuliner. Bagi anda para calon
pebisnis yang masih dalam proses belajar memulai usaha, tak ada salahnya
mencoba mengambil pake kemitraan waralaba dengan brand kuliner tertentu.
Salah satu
brand kuliner yang unik dan digemari oleh seluruh kalangan usia adalah
bisnis waralaba Donat Bakar (Donatbakar.com), akrab dengan sebutan
Dokar.
1. Perkembangan Bisnis Donat Bakar
Pada tahun
2008, seorang pengusaha kuliner roti dan donat asal Surakarta, Jawa
Tengah, Iwan Abu Shalih terbesit keinginan untuk mengembangkan usahanya
lebih besar lagi. Setelah berfikir serta pengembangan resep, akhirnya
sang pemilik memilih donat sebagai fokus usahanya.
Yang unik dari
donat karyanya adalah ia menyajikan donat dalam keadaan hangat plus
beraneka toping yang nikmat. Tidak hanya digoreng layaknya donat
kebanyakan, Iwan melengkapi proses pemasakan donat dengan cara dibakar.
Tidak umum memang, namun hasilnya bakar donat miliknya justru memberikan
sensasi kuliner donat yang unik nan nikmat.
2. Keunggulan Dokar Dibanding Produk Waralaba Kuliner Lainnya
Usaha donat
sudah ditekuni tim Dokar sejak tahun 2003. Hingga pada taun 2008
munculnya sebuah ide kreatif untuk menyajikan donat dalam kondisi fresh
dan empuk seperti donat yang baru diangkat dari dalam penggorengan.
Caranya yaitu dengan membakar donat tersebut sesaat sebelum diberi
topping dan sebelum disajikan kepada pelanggan.
Dengan cara
seperti itu, pelanggan dapat menikmati sajian donat hangat nan empuk
dengan lelehan topping hangat di atasnya. Hingga saat ini Dokar memiliki
42 variasi topping yang masih terus dikembangkan dengan penuh
kreatifitas. Variasi topping yang menjadi favorit diantaranya yaitu
blueberry, durian, balado, choco rice, berry reo dan sosis.
Dokar
menawarkan berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh peluang usaha
waralaba kuliner lainnya. Selain membutuhkan modal yang relatif kecil,
produk donat buatan Dokar juga memiliki cita rasa yang lezat dengan
harga yang terjangkau. Dengan harga Rp 2.000 hingga Rp 5.000, pelanggan
dapat mencicipi kenikmatan donat dari gerai waralaba Dokar.
Konsep open
kitchen yang disajikan juga memungkinkan pelanggan untuk melihat proses
garnishing dari donat yang sudah dipesan. Penggemar kuliner donat
biasanya juga mencakup seluruh kalangan usia sehingga target pasarnya
luas dan terus mengalami perkembangan.
3. Persiapan Untuk Menjadi Mitra Usaha Dokar
Dokar adalah salah satu waralaba kuliner yang
membutuhkan modal awal relatif terjangkau. Dengan modal kurang lebih 7
juta rupiah dan persiapan lokasi yang strategis, anda sudah dapat
memulai bisnis melalui kerja sama dengan tim Dokar. Pemilihan lokasi
menjadi hal yang penting untuk menunjang segmentasi pasar.
Beberapa
tempat yang cocok dijadikan sebagai lokasi usaha misalnya pusat
perbelanjaan, tempat rekreasi, sekolah, rumah sakit dan area bermain
anak-anak. Selain itu, Dokar tidak menetapkan franchise fee dan royalty
fee untuk semua mitra waralabanya. Hal ini tentu sangat menguntungkan
para mitra waralaba Dokar.
Untuk urusan
kualitas, tim Dokar akan senantiasa menyupply bahan baku secara rutin ke
setiap gerai Dokar. Dengan demikian keseragaman kualitas di seluruh
gerai dapat dijaga dengan baik. Sebelum mitra usaha mulai mengoperasikan
bisnis, tim Dokar juga akan memberikan training SDM untuk penjaga gerai
Dokar.
Bermodalkan 7 juta rupiah, mitra bisnis Dokar akan mendapat fasilitas lengkap seperti :
- Booth Dokar
- Standing banner menu untuk promosi
- Perlengkapan memasak (grill pan, kompor gas 1 tungku, tabung gas 3 kg dan regulator, box sealware, botol saos pisau, capitan kue dan kain lap)
- Seragam untuk penjaga gerai, bahan training, daftar menu dan 100 kemasan Dokar siap pakai.
Cukup mudah
dan praktis untuk anda yang ingin belajar berbisnis. Donat sebagai
produk kuliner yang mudah dijual akan memberikan BEP (Break Even Poin)
dalam jangka waktu yang relatif cepat . Dengan banyaknya prestasi
tersebut, tak heran bila hingga pertengahan tahun 2014 ini Dokar sudah
memiliki 36 gerai waralaba yang tersebar di Jabodetabek dan kota-kota
besar lainnya. Informasi lebih lanjut mengenai waralaba Dokar bisa Anda
simak di websitenya.
Ingin memulai
kerjasama dengan menjadi mitra waralaba Dokar, atau ingin mencontoh
kesuksesan waralaba Dokar dan membuat usaha sendiri? Kuncinya adalah
inovasi yang seru dan kreatif serta pemantauan kualitas secara
berkesinambungan.
Bagi rekan- rekan yang tertarik untuk menjadi mitra waralaba Donat Bakar “Dokar” bisa menghubungi pengembangnya:
- Alamat: Jl. Fajar Indah Utama, Ruko No 6-7 Perum Fajar Indah, Jajar, Laweyan, Surakarta – Jawa Tengah
- Telepon : 081.337.829.120 , 081.555.09109
- Jam Kerja : Senin – Sabtu Pukul 08.00 s/d 16.00
- E-Mail : javadonat@gmail.com
- Website : Donatbakar.com
- Sosial Media : Facebook.com/donat.bakar, Twitter.com/tukangdonat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar