Sabtu, 12 November 2016

Cicipilah 6 Makanan Khas Vietnam Ini!

sumber: http://www.jalansanasini.com/cicipilah-6-makanan-khas-vietnam-ini.html




Setelah sempat mengalami perang panjang pada empat puluh tahun silam, kini Vietnam berhasil menjadi salah satu negara berkembang di Asia Tenggara yang memiliki kestabilan dalam berbagai sektor. Pariwisata tidak luput dari perkembangan tersebut. Vietnam memiliki banyak daya tarik bagi para wisatawan, salah satunya melalui aspek kuliner. Tidak sah rasanya traveling ke Vietnam kalau kalian belum mencicipi berbagai jenis makanan khas vietnam berikut ini.

1. BANH MI

Banh Mi
(Photo Credit: vietnamtraveldot]deals)
Penjajahan Perancis di Vietnam ternyata membawa pengaruh cukup kuat pada negara ini. Salah satunya bisa kalian temukan makanan khas Vietnam yang bernama banh mi, sandwich khas Vietnam. Berbeda dari mayoritas sandwich yang menggunakan roti tawar biasa, banh mi menggunakan roti baguettes. Isiannya merupakan campuran dari berbagai bahan, seperti daging, bakso ikan, acar, wortel, dan lobak. Beberapa banh mi juga memiliki potongan cabai di dalamnya, jadi periksa dulu sebelum makan, ya.


2. PHO

Pho
(Photo Credit: phoisforlovers[dot]com)

Pho bisa disebut sebagai makanan khas Vietnam paling populer. Komponen utamanya adalah mi yang terbuat dari beras, dilengkapi dengan irisan daging, sayuran, dan kuah kaldu. Nah, biasanya kalian bisa memilih mau menikmati kuah kaldu rasa apa, ada yang terbuat dari sapi, ayam, babi, dan seafood. Jadi, sekilas memang pho terlihat mirip dengan mi pangsit yang biasa dijual di Indonesia. Rasa sedap khas Pho juga tidak terlepas dari potongan daun mint yang ditaburkan di dalamnya.


3. GOI CUON

Goi Cuon
(Photo Credit: vietnamtravel[dot]discount)
Berbentuk seperti lumpia, Goi Cuon, makanan khas vietnam satu ini memiliki pilihan isi beraneka macam, seperti udang, daging ayam, daging babi, serta aneka sayuran. Isian tersebut dibungkus dengan kulit transparan yang terbuat dari tepung beras. Sekilas, Goi Cuon pasti akan mengingatkan kalian dengan lumpia basah. Sama seperti Pho, ada beberapa penjual yang memasukkan daun mint pada Goi Cuon. Agar rasanya semakin lezat dan nikmat, jangan lupa memakan Goi Cuondengan saus ikan.


4. BANH XEO

Banh Xeo
(Photo Credit: chuthapdo[dot]org[dot]vn)
Umumnya, mayoritas pancake dijual dalam bentuk dessert. Uniknya, pancake khas Vietnam satu ini memiliki rasa yang gurih dan renyah. Banh Xeo memiliki bentuk seperti pancake atau crepes. Bahan dasarnya terbuat dari tepung beras, santan, kunyit, yang kemudian ditumis bersama dengan daging, udang, serta potongan taoge. Cocok sekali untuk menu sarapan kalau kalian sedang traveling di Vietnam. Jangan lupa tambahkan selada agar rasanya semakin enak.


5. CHAO

Chao
(Photo Credit: huongbui[dot]de)
Selain Banh Xeo, kalian juga bisa menyantap Chao sebagai menu sarapan di Vietnam. Chao merupakan makanan khas vietnam berupa bubur yang sebenarnya tidak begitu berbeda dari bubur Indonesia. Umumnya, Chao menggunakan daging ayam, daging ikan, atau jeroan daging sebagai lauknya. Hal yang membedakan Chao dari bubur Indonesia mungkin terletak pada potongan taogenya. Penyajian dari Chao juga dilengkapi dengan irisan daun bawang, perasan jeruk nipis, dan saus ikan.


6. NOM HOA CHUOI

Nom Hoa Chuoi
(Photo Credit: thienphatchay[dot]vn)
Di Indonesia, umumnya salad disajikan dalam bentuk campuran potongan buah dan siraman mayonais. Kalian tidak akan mendapatkan salad serupa kalau sedang traveling di Vietnam. Masyarakat Vietnam memiliki salad khas sendiri yang bernama Nom Hoa Chuoi. Makanan khas Vietnam ini bahan utamanya adalah bunga pisang. Sebagai tambahan, kalian akan menemukan potongan pepaya hijau, wortel, dan ayam pada Nom Hoa Chuoi. Tidak ketinggalan siraman saus ikan dan taburan kacang.
Meskipun ada beberapa restoran Vietnam yang berdiri di Indonesia, tidak ada yang dapat mengalahkan sensasi menikmati makanan-makanan tersebut di negaranya langsung. Yuk, kosongkan jadwal kalian dan segera traveling untuk wisata kuliner di Vietnam!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar