Senin, 14 November 2016

Makanan yang Tidak Baik Dikonsumsi Saat Malam Hari

sumber: http://majalahkuliner.info/makanan-yang-tidak-baik-dikonsumsi-saat-malam-hari/


Ketika kita merasa lapar atau mempunyai keinginan untuk ngemil di malam hari, hal tersebut merupakan kebiasaan bagi sebagian orang. Namun kebiasaan tersebut sebetulnya tidak baik untuk tubuh. Selain bisa meningkatkan berat badan dan juga menyebabkan kualitas tidur yang buruk. Kebiasaan makan sebelum tidur juga bisa merusak jaringan di tenggorokkan dan kerongkongan serta berbagai gangguan pencernaan lainnya.
www.majalahkuliner.info
www.majalahkuliner.info
Makan sebelum tidur bisa menyebabkan cairan pencernaan akan mudah naik ke tenggorokan hingga menyebabkan sensasi terbakar. Pasalnya setelah menyantap makanan ini, dapat memicu meningkatkan kadar cairan pencernaan, dan melemaskan katup penghubung antara tenggorokan dan lambung.
Sebagaimana yang dikutip dari laman womenshealthmag, ada beberapa jenis makanan dan minumanyang tidak baik dikonsumsi pada malam hari, terutama saat akan tidur. Berikut adalah beberapa makanan dan minuman tersebut yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi saat malam hari:
1. Cokelat
Efek manis dan lemak yang tinggi pada cokelat dapat melemaskan katup yang menghubungkan lambung dan kerongkongan. Kandungan theobromine pada cokelat efeknya sama dengan kafein, yakni memberikan efek rileks pada tubuh. Sehingga membuat katup penghubung meregang dan kemungkinan terjadi refluks bisa terjadi.
2. Kacang
Kacang memiliki kandungan lemak, baik lemak jenuh ataupun tidak jenuh. Walaupun lemak dalam kacang umumnya menyehatkan, namun menurut peneliti sebaiknya saat malam hari hindari makan kacang. Kacang mete, dan kacang kenari adalah yang terburuk. Untuk kacang almond, dampaknya lebih kecil karena tidak mengandung banyak lemak.
3. Keju
Keju juga makanan yang memiliki cukup tinggi kandungan lemak, varian keju parmesan dan Swiss merupakan yang tidak efektif bila dikonsumsi malam hari, karena akan meningkatkan terjadinya refluks. Untuk varian keju lembut lainnya seperti keju mozarela, masih aman untuk dikonsumsi saat malam hari.
4. Alkohol
Alkohol dapat melemaskan katup yang menghubungkan lambung dan kerongkongan. Saat sistem pencernaan bekerja saat tidur, asam lambung akan mengalir dengan mudah karena katup penghubung tidak berfungsi maksimal. Dan bisa terjadi refluks.
5. Soda
Soda sebenarnya lebih asam daripada apa pun yang ditemukan di alam. Asam tersebut menyebabkan kerusakan yang sama, seperti halnya alkohol. Ditambah lagi dengan karbonasi yang meningkatkan tekanan perut. Akan menimbulkan ketidak nyamanan saat malam hari.
6. Citrus
Segelas jus jeruk atau apel hijau merupakan yang tidak baik jika dikonsumsi saat malam hari, karena makanan atau minuman tersebut memiliki tingkat keasaman yang tinggi dalam lambung. Tetapi beberapa orang bisa makan apel merah tanpa masalah. Dan ini tergantung pada orang yang bersangkutan.
7. Kopi
Kafein yang terkandung dalam kopi yang sifatnya asam, akan menghasilkan asam lambung tambahan. Jika anda ingin minum kopi, pilihlah kopi yang kadar kafeinnya rendah.
Jadi, apa pilihan makanan yang aman dikonsumsi ketika ditengah malam jika merasa lapar? Ya tentunya makanan yang rendah asam dan lemak, seperti pisang, sereal dengan rendah gula dan susu rendah lemak, dan teh chamomile.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar